ABL RESMI DIKUTI ENAM TIM

Posted: Sabtu, 27 Maret 2010 by ky in
0

Manila, 1/9 (Antara/FINROLL Sports) - Sebanyak enam tim resmi mengikuti liga basket regional, ASEAN Basketball League (ABL) yang akan dimulai Oktober 2009 hingga February 2010 mendatang.

Mereka sepakat menjadikan liga terbesar se-Asia Tenggara ini sebagai awal kebangkitan industri olahraga khususnya basket di negara masing-masing peserta.

"Kalau ditotal penduduk ASEAN lebih dari 600 juta, itulah pasar kita yang merupakan tantangan tersendiri," ujar ABL Chairman Dato` Tony Fernandes ketika launching tim peserta ABL di Ballroom, Renaissance Hotel, Manila, Selasa.

Keenam tim itu adalah The Barracudas (Brunei), Kuala Lumpur Dragons (Malaysia), Philippine Patriots, Satria Muda Britama (Indonesia), Singapura Slingers, dan Thailand Tiger membuat kesepakatan menjalankan pertandingan dengan sistim home and away untuk diambil empat tim terbaik ke playoff.

"Setiap tim diberi kesempatan menjadi ruan rumah dan harus bepergian ke negara lawan. Inilah sisi bisninya hingga kami sangat optimis akan menjadi besar liga ini," ujar pemilik jasa penerbangan Air Asia tersebut.

Namun sayangnya, baru hanya enam negara saja yang ikut sebagai peserta. Sementara negara lain seperti Vietnam, Nyanmar, Laos dan Kamboja, untuk tahun ini memang belum bisa berpartisipasi karena basket di negaranya belum berkembang walau sebenarnya sudah mempunyai niatan untuk ikut.

"Seharusnya memang semua negara ASEAN bisa ikut. Tapi karena hanya sedikit negara yang mempunyai liga antar klub, seperti di ASEAN ternyata hanya Indonesia dan Filipina saja. Inilah yang menjadi tugas kita," ujar Presiden SEABA Erick Thohir yang menjadi penggagas liga tersebut.

Namun demikian, tambah pemilik klub Satria Muda Britama itu, paling tidak dengan digelarnya liga selain akan menggairahkan perbasketan juga dapat membantu kejuaraan basket antar klub. Mereka yang berhasil menjadi juara akan menjadi wakil Asia Tenggara di kejuaraan basket antar klub FIBA Asia.

"Selama ini kita kesulitan kalau menggelar pertandingan antar klub. Tapi kalau FIBA antar negara banyak pesertanya," tambahnya.

Selain pemain dan pelatih, para pemilik klub juga ikut dalam launcing perdana ABL. Selain Erick Thohir, terdapat juga Ms Nadzaty Azma Azeez (The Barracudas-Brunei), Mr Wim Reijen (Thailand Tiger), juga Dr Mikee Romero dan Mr Bobby Barreiro (Philippine Patriots).

"Di negara saya basket memang belum populer, dan saya memberanikan ikut walau tidak mempunyai klub dengan harapan agar banyak negara berkunjung ke tempat saya," lanjut Nadzaty Azma Azeez dari Brunei.

Setiap tim diberi kesempatan menggunakan pemain asing minimal lima, dua dari luar dan tiga dari pemain ASEAN dengan bayaran maksimal 10.000 US dolar per bulan. Dan pertandingan pertamanya ABL akan berlangsung pada 10 Oktober, SM Britama akan bermain di kandanyanya melawan Philippine Patriot.

Acara launcing berlangsung sangat meriah. Selain semua pemilik klub ikut serta, pelatih juga pemain ikut diperke
nalkan untuk menjalin keakrapan diantara mereka.

0 komentar: